PRESS RELEASE SEKOLAH PASAR MODAL ONLINE GI UNPAM

Penulis: Rosita Wulandari

untitled-1

Ditengah marak terjadinya Pandemi Virus Covid 19 Galeri Investasi Universitas Pamulang tetap mengadakan edukasi bagi mahasiswa, dosen, maupun masyarakat umum melalui Sekolah Pasar Modal (SPM) Online pada hari Selasa, Tanggal 12 Mei 2020.

Kelas Online Sekolah Pasar Modal adalah solusi bagi calon investor yang ingin mengenal cara berinvestasi di Pasar Modal Indonesia, namun memiliki kendala untuk menghadiri kelas tatap muka dikarenakan keterbatasan waktu atau lokasi. Dalam kelas online ini calon investor akan mendapatkan edukasi investasi pasar modal melalui pemaparan melalui media video, audio, tertulis dan forum yang digunakan sebagai sarana belajar.

Kegiatan Sekolah Pasar Modal (SPM) Online ini dilakukan oleh Universitas Pamulang merupakan sekolah pasar modal yang pertama dilakukan di wilayah banten dengan jumlah peseta sekitar 387 peseta dari berbagai kalangan. SPM kali ini dilaksanakan menggunakan aplikasi yang sedang trending digunakan yaitu Zoom Cloud Meeting Apk.

Acara berlangsung selama kurang lebih 3 jam yang diawali oleh MC untuk pembukaan, dilanjutkan oleh moderator, dan pemateri. Sekolah Pasar Modal Galeri Investasi selalu didukung oleh banyak pihak, baik dari Bursa Efek Indonesia yang di wakili oleh Bapak Fadly Fatah selaku Kepala Cabang IDX Banten, dan juga dari Sekuritas yang didukung oleh Bapak Krishna Dwi Setiawan selaku Head of LOTS services PT. Lotus Andalan Sekuritas.

Bapak Fadly Fatah menjelaskan mengenai apa itu pasar modal secara umum, memperkenalkan instrumen–instrumen keuangan yang bisa dijadikan diversifikasi pilihan bagi investasi di hari tua, serta keuntungan dan manfaat secara umum dari keuntungan menabung dan berinvestasi di pasar modal khususnya di instrumen keuangan saham/surat berharga. Tidak ketinggalan juga Bapak Krishna menerangkan bagaimana mekanisme bertransaksi saham, cara analisis singkat memilih perusahaan yang layak diinvestasikan, serta pengalaman beliau yang sudah kurang lebih 25 tahun berkecimpung di dunia pasar modal Indonesia.

Peserta pun sangat antusias dalam mengikuti acara SPM Online ini. Hal ini terbukti dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan ke masing-masing narasumber. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pastinya akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang sadar dan melek investasi terutama di investasi saham, sehingga kedepannya kita sebagai masyarakat awam pun bisa turut berkontribusi langsung dalam kemajuan dan pengembangan ekonomi negara dengan mengembangkan sektor pasar modal Indonesia dan bisa menjadi bangsa yang lebih mandiri dan lebih makmur lagi.

Editor by Juli Ismanto