PRESS RELEASE “OPEN RECRUITMENT STUDI PASAR MODAL UNIVERSITAS PAMULANG”

Penulis: Rosita Wulandari

1234

Open recruitment merupakan salah satu dan sebuah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Pamulang untuk meregenerasi kembali pengurus Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Pamulang itu sendiri. Hal ini dilakukan karena telah selesainya masa kepengurusan yang sebelumnya dan akan dilanjutkan oleh pengurus yang selanjutnya demi menjaga fundamental dan struktural organisasi ini. Open recruitment ini juga dilakukan agar Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Pamulang melahirkan generasi-generasi baru yang tertarik pada dunia Pasar Modal dan diharapkan nantinya dapat lebih memahami mengenai dunia Pasar Modal.

Pelaksanaan Open recruitment dimulai dengan mengisi formulir by online melalui google form. Mengapa kita menggunakan pendaftaran online? Karena kita ingin lebih mengefisienkan waktu dan meminimalkan penggunaan kertas serta hilangnya data diri calon anggota. Dengan menggunakan google form, kita memiliki data peserta yang sifatnya permanen karena kita simpan di dalam akun google Galeri Investasi dan memperkecil kemungkinan untuk hilangnya data dari calon anggota. Dari pembukaan pendaftaran open recruitment ini, kita mendapatkan sebanyak 25 calon peserta yang mendaftar dan siap untuk mengikuti rangkaian test selanjutnya dari kegiatan open recruitment ini.

Test selanjutnya adalah test tulis. Test tulis ini pun kita laksanakan juga dengan sistem daring. Dikarenakan alasan yang sama dengan mengapa kita melaksanakan pendaftaran online. Di dalam test tulis ini kita konsepkan dengan menggali lebih dalam tentang diri si calon anggota. Menggali lebih dalam yang dimaksud disini bukan menanyakan tentang privasi nya. Kita hanya ingin menggali atau mengetahui keseharian mereka yang mereka lakukan selain sebagai mahasiswa di Universitas Pamulang. Hal itu tentu sangat ingin kami ketahui dikarenakan untuk melihat bagaimana waktu yang dia miliki jika dia nanti sudah bergabung di Kelompok Studi Pasar Modal ini. Selain itu, kita juga sedikit membahas mengenai kepribadiannya. Dengan cara menanyakan sebuah masalah lalu apa yang akan si calon anggota ini lakukan jika masalah tersebut menghampirinya. Hal ini tentu sangat dibutuhkan mengenai setiap organisasi yang memiliki banyak anggota dan banyaknya pemikiran yang menjadikan perbedaan pendapat yang tentunya dapat menimbulkan gesekan sehingga dibutuhkan kebijaksanaan. Untuk test tulis ini diikuti sebanyak 20 calon anggota.

Setelah melalui test tulis dengan mengisi melalui daring, test selanjutnya adalah wawancara yang juga dilakukan dengan daring, mengapa test wawancara kita lakukan daring? Untuk test wawancara ini memiliki alasan yang cukup berbeda dengan test-test sebelumnya. Test wawancara kita lakukan online dikarenakan pandemi covid-19 yang membuat kita harus melakukannya #dirumahaja. Meskipun #dirumahaja, tidak menghambat jalannya rangkaian test wawancara ini. Seperti yang sudah kita katakan sebelumnya bahwa test wawancara ini kita lakukan dengan daring melalui video call whatsapp. Semua sudah kita konsepkan bagaimana untuk test wawancara ini. Test wawancara ini sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan test tulis hanya menambahkan beberapa pertanyaan khusus untuk test wawancara yang nantinya akan ditanyakan kepada calon anggota.Test ini lebih mengedepankan 2 hal yaitu mengenai apa yang sudah mereka tulis di test tulis dan bagaiman komitmen mereka serta prioritas mereka terhadap KSPM ini. Dari test wawancara ini kita juga mendapatkan bagaimana sikap si calon anggota ini dalam menanggapi berbagai permasalahan. Di test wawancara ini kita tentunya melakukan nilai akhir bagi calon anggota. Nilai ini menjadi acuan untuk kita semua pertimbangkan apakah mereka sudah termasuk kriteria yang kita inginkan untuk menjadi anggota KSPM. kita tidak menjadikan nilai itu sebagai hal mutlak yang membuat mereka keterima. Setelah penilaian dari berbagai test yang mereka lalui, kita juga mengadakan rapat yang dimana saling bertukar informasi mengenai bagaimana si calon anggota kita ini. Dari rapat kita dapatkan hasil yang cukup untuk mereka diterima dan di alokasikan ke divisi yang menurut kami nantinya dapat mereka kerjakan jobdesknya.

Kita semua berharap bahwa open recruitment ini tentunya melahirkan generasi baru yang semangat dalam mengedepankan dunia Pasar Modal terutama agar dapat menarik masyarakat untuk melakukan investasi. Serta menjaga amanah yang sudah dilakukan oleh pengurus sebelumnya.

Editor by Juli Ismanto