Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengenalan Akuntansi Untuk Bisnis Pemula

budi

Perkembangan bisnis di Indonesia baru – baru ini mengalami peningkatan yang cukup pesat, semakin beragamnya ide dan inovasi yang muncul dalam dunia bisnis menjadi penyebab utama munculnya industri – industri kecil kreatif yang tentu saja turut berperan menopang pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Permasalahan – permasalahan yang sering dihadapi oleh pebisnis pemula salah satunya adalah rasa takut akan kegagalan pada bisnis yang akan dijalankan. Hal ini seringkali menghambat para pebisnis untuk mencoba dan memulai sebuah usaha. Kemampuan melihat peluang pasar yang baik dan siap menghadapi segala risiko merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh para pebisnis pemula.

Selain itu juga permasalahan lain yang muncul adalah minimnya pengetahuan dan pemahaman penerapan akuntansi pada bisnis yang akan dijalankan. Ketidakjelasan pencatatan dan pencampuran transaksi yang terkait dengan bisnis dengan transaksi – transaksi yang bersifat pribadi menjadikan biasnya penyajian informasi akuntansi yang dapat berakibat pada tidak diketahuinya perkembangan bisnis yang sedang berjalan dan tidak adanya rasa percaya dari orang lain ketika usaha tersebut butuh tambahan dana lebih untuk berkembang.

Pencatatan akuntansi yang baik untuk bisnis pemula selain dapat digunakan untuk memonitor jalannya usaha bisa juga digunakan untuk memberikan kepercayaan publik atas profesionalitas dan potensi perkembangan usaha di masa yang akan datang.

Karena pentingnya hal tersebut, dosen-dosen  dari Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang memberikan penyuluhan dan pemahaman terkait pencatatan yang baik dan benar sebagai salah satu bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi.  Kegiatan ini berlangsung dengan mengusung tema “Pengenalan Akuntansi Untuk Bisnis Pemula”.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  berlangsung pada tanggal 18 – 20 Oktober 2019 bertempat di Aula Kelurahan Sawah Lama Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan yang beralamat di Jl. Cenderawasih Raya No. 1, Sawah, Ciputat.  Terdapat  30  peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan aktif dan antusias.

Materi penyuluhan terkait Pengenalan Akuntansi Untuk Bisnis Pemula disampaikan oleh Bpk. Jaenal Abidin S.E., M.Akt selaku Dosen Akuntansi di Universitas Pamulang. Penyampaian materi yang disajikan sudah cukup jelas dan materi sudah diberikan kepada seluruh peserta yang hadir sehingga memudahkan peserta untuk berperan aktif dalam sesi Tanya jawab.

Dalam sesi Tanya jawab tentu saja sebagian peserta bertanya bagaimana pencatatan akuntansi untuk bisnis yang sedang dijalankannya, pada dasarnya prisnip pencatatan adalah pisahkan keuangan pribadi dan usaha, setelah itu simpan bukti transaksi. Sehingga didapat hasil akhir pencatatan akuntansi adalah penyajian laporan keuangan.

Laporan keuangan yang disusun dengan baik dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum akan mempermudah para pebisnis pemula ini dalam mendapatkan tambahan modal usaha. Dengan adanya tambahan modal usaha, bisnis mereka akan lebih berkembang sehingga berpotensi untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Oleh karena itu, dengan memajukan industri – industri kecil kreatif berarti kita juga ikut berperan dalam memajukan perekonomian Indonesia.

budi-2