Dosen Prodi Akuntasi S1 Universitas Pamulang Mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema : Pelatihan Pembukuan Pada Pengelola Bank Sampah di Kelurahan Bambu Apus Pamulang

Volume sampah setiap hari terus meningkat , salah satu solusi yang dilakukan adalah dengan membuat bank sampah. Kehadiran bank sampah dengan konsep 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) sangat efektif karena ada keterlibatan warga secara aktif dimana warga bisa langsung memilah sampah yang ada. Sampah yang tadinya tidak bernilai bisa di ubah menjadi memilki nilai jual.

Perkembangan bank sampah terutama di wilayah Tangerang Selatan sudah sangat pesat , namun belum diikuti ketertiban administratif dalam pencatatan pembukuan karena adanya keterbatasan sumber daya manusia dan keterbatasan peralatan penunjang. Kami selaku dosen dari S1 Akuntansi Universitas Pamulang memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya dengan memberikan ilmu pengetahuan yang kami miliki agar bisa membatu para pengelola bank sampah dalam membuat laporan pembukuan

Karena itu, pada hari Rabu 22 Mei 2019 kami mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertema “Pelatihan Pembukuan Pada Pengelola Bank Sampah di Kelurahan Bambu Apus Pamulang” yang di adakan di Aula Kantor Kelurahan Bambu Apus Pamulang”.

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh perwakilan pengelola 18 bank sampah yang berada pada Kelurahan Bambu Apus Pamulang. Kegiatan PKM disambut baik oleh Bapak Bapak Subur, S.Sos selaku Lurah Bambu Apus Pamulang. Sedangkan dari Universitas Pamulang dihadiri oleh beberapa dosen akuntansi, diantaranya Benarda, S.P, M.M., Rakhmawati Oktavianna, S.E., M.M., Sevty Wahiddirani Saputri, S.Kom., M.M, Rini Septiowati, S.E., M.M dan Silvia Sari S.P., M.Si juga oleh mahasiswa Patrick Salim.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dibuka oleh Ibu Rini Septiowati, S.E., M.M dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama kali disampaikan oleh Bapak Cecep Suhendi, S.E., M.Si selaku Kepala Seksi pemerintahan yang mewakili Lurah Bambu Apus Pamulang , kemudian dilanjutkan Bapak Benarda, S.P, M.M selaku Ketua Tim PKM dan dilanjutkan oleh Ibu Ismuniati mewakili ketua Bank Sampah Ibu Hj.Hafni Isminar, SKM. Materi pertama diberikan oleh Ibu Rakhmawati Oktavianna, S.E., M.M. yang memberikan materi mengenai Pembukuan Sederhana sesuai dengan pelaporan yang dibutuhkan oleh pengelola bank sampah. Dilanjutkan Bapak Benarda, S.P, M.M menyampaikan informasi mengenai beberapa produk yang bisa dihasilkan dari sampah rumah tangga, diantaranya adalah sabun yang terbuat dari minyak jelantah. Kemudian PKM kali ini memberikan kesempatan kepada Mahasiswa yang bernama Patrick Salim untuk menyampaikan program-program yang ada di Universitas Pamulang, agar masyarakat juga bisa memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh Universitas Pamulang diantaranya Tax Center, Galeri Investasi dan Pinbik (Koperasi Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan). Para peserta mendengarkan materi yang diberikan dengan antusias. Hal itu terlihat para peserta banyak memberikan pertanyaan sehubungan dengan materi yang diberikan.

Usai pelatihan Dosen Akuntansi UNPAM memberikan cinderamata yang diserahkan langsung oleh Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Bapak Benarda, S.P, M.M kepada Bapak Cecep Suhendi , S.E., M.Si mewakili Lurah Bambu Apus Pamulang dan Kepada Ibu Ismuniati sebagai perwakilan dari ketua Bank Sampah. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para pengelola Bank Sampah bisa membuat laporan dengan lebih cepat dan baik serta juga diharapkan ada kelanjutan dari kegiatan PKM ini dalam rangka pengembangan Bank Sampah yang ada di Kelurahan Bambu Apus Pamulang. (By: Okta / Edit By: Ichal)

pkm-bu-okta-1

Gambar 1 : Para Dosen beserta Para Pengelola Bank Sampah Kelurahan Bambu Apus Pamulanng

pkm-bu-okta-2

Gambar 2 : Pemaparan Materi Pelatihan Pembukuan oleh Dosen Ibu Rakhmawati Oktavianna, S.E., M.M

pkm-bu-okta-3

Gambar 3 : Info mengenai program-program yang ada di Universitas Pamulang oleh Patrick Salim

pkm-bu-okta-4

Gambar 4 : Pemberian Cinderamata oleh Ketua PKM Bapak Benarda, S.P, M.M kepada Bapak Cecep Suhendi, S.E., M.Si., mewakili Lurah Bambu Apus Pamulang