PKM: PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN DALAM INDUSTRI KECIL MENENGAH DI KOMUNITAS TANGERANG SELATAN BERKIBAR

fotopkm1

Gambar 1. Foto Bersama Panitia dan Peserta Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk aktifitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai insan akademis, para dosen Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) bertepat di Gerai IKM e-Smart Tangerang Selatan, dengan subyek pengabdian yakni para pelaku Industri Kecil Menengah di Komunitas Tangerang Selatan Berkibar.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini mengusung tema Pengelolaan Manajemen Keuangan dalam Industri Kecil Menengah di Komunitas Tangerang Selatan Berkibar. Sasaran kegiatan PKM tersebut ialah memaparkan pentingnya pengelolaan manajemen keuangan dalam Industri Kecil dan Menengah.

Akses terhadap pendanaan adalah salah satu faktor yang menjadi kekurangan terbesar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil menengah (IKM). Keterbatasan kemampuan pengelolaan keuangan oleh pelaku UMKM dan IKM seringkali menjadi hambatan dalam penyajian informasi yang akurat. Selain itu, faktor lain yang menyulitkan bagi pelaku UMKM maupun IKM ialah kecenderungan untuk belum dapat memisahkan pencatatan antara keuangan pribadi sebagai pemilik dan keuangan UMKM ataupun IKM sebagai entitas usaha. Kerancuan pembukuan keuangan ini akan menyulitkan dalam memberikan informasi aktual dan akurat tentang kondisi keuangan baik bagi pelaku UMKM maupun IKM.

Pengabdian Masyarakat dilakukan dengan penekanan pada aspek teoritis maupun praktis, yaitu dengan memberikan sosialisasi sekaligus dengan kegiatan praktik, bagaimana para pelaku IKM di Wilayah Tangerang Selatan memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan sebagai salah satu aspek penting dalam mengelola arus kas(cash flow) suatu bisnis. Aspek praktis ini diharapkan mampu menjelaskan secara real bagaiamana para pelaku IKM mampu meningkatkan bonafiditas performa usaha.

Pelaksanaan kegiatan masyarakat berlangsung selama 3 hari, yakni 26-28 april 2019. Acara di awali dengan Pembacaan Doa oleh Bapak Drs. Syaibatul Hamdy, M.M. Berikutnya, acara sambutan dari Ketua Pengabdi yakni Ibu Vivi Iswanti Nursyirwan, S.Sos, M.M. Beliau memaparkan pentingnya sinergi antara civitas akademika dengan masyarakat pada umumnya. Terlebih, masyarakat yang menjadi subyek pengabdian masyarakat ialah masyarakat sekitar Universitas Pamulang. Elaborasi kewirausahaan diyakini akan membawa energi positif bagi stakeholder, baik bagi Universitas Pamulang sebagai institusi pendidikan, maupun masyarakat sekitar yang diharapkan dapat merasakan langsung output dari kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. Sambutan Ketua Pengabdi juga menekankan kepada rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan maupun acara tersebut. Sambutan berikutnya datang dari Ketua IKM Komunitas Tangerang Selatan Berkibar, yaitu Bapak Tasrudin Muzakir. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya semangat juang bagi para wirausahawan/wirausahawati dalam belajar serta berusaha. Beliau juga mensosialisasikan pentingnya legalitas dalam suatu usaha, baik itu UMKM maupun IKM. Beliau menyampaikan bahwa aspek legalitas menjadi satu aspek yang perlu di perhatikan dalam kelangsungan bisnis. Beliau juga memaparkan pentingnya para pelaku UMKM maupun IKM untuk belajar pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan dirasakan begitu urgent untuk dibahas dalam dunia usaha, karena kegiatan sehari-hari para pelaku bisnis tidak lepas dari kegiatan pengelolaan keuangan. Tentu hal ini berkorelasi positif, dengan adanya paparan materi dari civitas akademika Universitas Pamulang yang mengusung materi terkait Pengelolaan Manajemen Keuangan dalam Industri Kecil Menengah Komunitas Tangsel Berkibar.

fotopkm2

Gambar 2. Pemaparan materi oleh Ibu Nani Mulyani, S.Kom., M.M

Pemaparan materi disampaikan oleh Ibu Nani Mulyani, S.Kom, M.M dengan fokus materi kepada :

  1. Merencanakan penggunaan keuangan
  2. Membuat pencatatan keuangan
  3. Menghitung pembiayaan dengan benar
  4. Memutar arus kas lebih cepat
  5. Melakukan pengawasan harta, utang dan modal
  6. Menggunakan keuntungan untuk pengembangan usaha

Selama acara berlangsung, para pelaku UMKM maupun IKM sangat antusias memerhatikan point demi point yang diuraikan oleh narasumber. Peserta sangat antusias dalam merespons materi dan terlebih ketika sesi tanya jawab, para peserta begitu banyak memanfaatkan waktu untuk menanyakan secara spesifik teknis terkait pengelolaan keuangan. Pada kesempatan tersebut, juga berlangsung sesi testimonial untuk para pelaku wirausahawan dan wirausahawati yang sudah menjalankan bisnisnya. Tentu hal tersebut, menjadi kesempatan emas bagi para pelaku usahawan untuk memperkenalkan bisnis dan menceritakan proses bisnis yang tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Sebagai contoh, yang disampaikan oleh Ibu Fitri, beliau demikian antusias dalam menyampaikan testimoninya terkait kesuksesan bisnis dimsumnya. Beliau memaparkan pentingnya para usahawan untuk memanfaatkan peluang sesederhana apapun peluang tersebut. “…Jika peluang dapat dikelola dengan baik, maka peluang akan melahirkan berbagai potensi”.

fotopkm3

Gambar 3. Penyerahan Kenang-Kenangan dari Ketua Pengabdi Ibu Vivi Iswanti N, S.Sos., M.M kepada Bpk Tasrudin Muzakir Ketua IKM

Sesi berbagi tersebut merupakan moment bagi para panitia untuk memberikan berbagai hadiah kepada para peserta. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya gimmick-gimmick menarik yang sudah disiapkan dan senantiasa diberikan untuk memeriahkan acara pengabdian tersebut.

fotopkm5

Gambar 4. Ketua Pengabdi Ibu Vivi Iswanti Nursyirwan,S.Sos, M.M menyerahkan doorptze kepada Peserta, Ibu Fifi

fotopkm4

Gambar 5. Foto bersama Dosen Prodi S1 Akuntansi selaku Panitia Pengabdi Kepada Masyarakat

Pada akhir acara dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarkat tersebut ditandai dengan penutupan acara oleh Bapak Tasrudin Muzakir selaku Ketua IKM Tangerang Selatan Berkibar. Lalu, diikuti dengan pemberian kenang-kenangan dari para Dosen Universitas Pamulang kepada Bapak Ketua IKM Komunitas Tangerang Selatan Berkibar. Dengan rangkaian acara tersebut, diharapkan para peserta dapat meningkatkan bonafiditas performa usaha, khususnya dari sisi pengelolaan keuangan. (Narasi: Bu Vivi/ diedit oleh: Ichal)