PKM: Pelatihan Pembukuan dan Whatsapp Marketing untuk Ibu-ibu PKK Citra Vila.

whatsapp-image-2019-03-12-at-09-38-26

Minggu, 3 Maret 2019, Dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Perumahan Citra Vila Bambu Apus Pamulang, Tangerang Selatan. Pada seminggu sebelumnya, Tim PKM melakukan survey terhadap kebutuhan yang ingin dicapai oleh PKK Citra Vila Bambu Apus. PKM dimulai dengan persiapan materi dan observasi pada tanggal 1-2 Maret 2019. “Pelatihan Pembukuan dan Whatsapp Marketing” dipilih sebagai dua materi tertulis sekaligus praktik untuk PKM bersama ibu-ibu PKK Citra Vila Bambu Apus.

PKM merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang mana PKM kali ini diketuai oleh Ibu Aris Sanulika, S.E., M.Ak., dengan Narsumber untuk pembukuan adalah Ibu Wulandari Cahyani Putri, S.E., M.M. dan materi untuk Whatsapp Marketing adalah Bapak Anis Syamsu Rizal, S.Pd.I., M.Pd., dengan pendamping saat praktik adalah Ibu Aris Sanulika, S.E., M.M., Ibu Anggun Anggraini, S.E., M.M., Ibu Indawati, S.E., M.M., dan Ibu Lindawati, S.E., M.M.

whatsapp-image-2019-03-12-at-09-38-27

Ibu Wulan Memberikan Materi Pembukuan

whatsapp-image-2019-03-12-at-09-41-38-2 whatsapp-image-2019-03-12-at-09-41-38 whatsapp-image-2019-03-12-at-09-41-38-1

Kegiatan Praktik Pembukuan untuk Ibu Rumah Tangga

Pelaksanaan pemberian materi dan praktik berjalan dengan lancar dan antusiasme sungguh luar biasa pada tahapan pemberian dan praktik materi pertama yang disampaikan oleh Ibu Wulandari Cahyani Putri, Ibu-ibu dengan semangat berlatih mengisi pembukuan sederhana untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan didampingi Bu Aris Sanulika, Bu Indawati, Bu Anggun, dan Bu Linda, Praktik menjadi lebih memudahkan Ibu-ibu mengaplikasikan antara pengeluaran dan pemasukan.

Materi kedua juga tidak kalah seru, yang disampaikan oleh Pak Ichal (Panggilan Pak Anis Syamsu Rizal) mengenai Whatsapp Marketing yang mana ternyata ibu-ibu sudah sangat terbiasa menggunakan Whatsapp sebagai salah satu media berkomunikasi paling populer saat ini. Langkah-langkah dalam marketing melalui Whatsapp dipraktikan dengan penuh semangat dan diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan bagaimana meningkatkan omzet penjualan melalui materi postingan di Whatsapp maupun bagaimana menentukan waktu yang tepat saat melakukan proses marketing melalui Whatsapp.

whatsapp-image-2019-03-12-at-09-38-28

Pemberian Materi dan Praktik Whatsapp Marketing oleh Pak Ichal

whatsapp-image-2019-03-12-at-09-38-27-1

Penyerahan Kenang-kenangan dari Ketua PKM kepada Ketua PKK Citra Vila

PKM selesai tepat pada Waktu Ashar, di mana kegiatan PKM ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari ketua PKM kepada Ibu Ketua PKK Citra Villa yaitu Ibu Destenliza Alwi. Harapan ibu-ibu, kegiatan PKM ini terus berkelanjutan, bagaimana tim PKM nantinya menjadi narasumber materi berikutnya yang dibutuhkan PKK Citra Vila sekaligus terus berkelanjutan mengarahkan bagaimana pembukuan yang lebih baik dan rapi, dan tetap berkelanjutan dalam pembinaan untuk Whatsapp Marketing. (ASR).