Memajukan UMKM Melalui Marketing Mix Strategi di Era Digital Pada Wilayah Tangerang Selatan

pkm-umkm-2

pkm-umkm-1

  Tangerang Selatan (2/11/2018) Pada tanggal 2 November 2018 yang lalu, dosen Program Studi Akuntansi S1 Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Aula KUMB UMKM Tangerang Selatan yang beralamat di Jl. W R Supratman Blok B No. 10, Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh dosen Universitas Pamulang. Pada kesempatan kali ini, tema yang diangkat adalah mengenai marketing mix strategy di era digital. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan bauran pemasaran (marketing mix) strategi pada pelaku UMKM dan untuk memajukan UMKM, khususnya di wilayah Tengerang Selatan, melalui strategi pemasaran di era digital.

  Dalam menjalankan sebuah kegiatan bisnis, terdapat banyak strategi yang dapat digunakan untuk menunjang perkembangan bisnis tersebut. Marketing mix hadir diantaranya sebagai bauran pemasaran atau perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, yang dipadukan oleh organisasi untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran. Salah satu komponen bauran pemasaran yang penting untuk kita kuasai hari ini ialah digital marketing yang akhir-akhir ini tumbuh begitu subur.

pkm-umkm-2

  Acara pada pagi itu dibuka dengan sambutan dari dewan pengawas KUMB UMKM Tangerang Selatan, Bapak Tito, yang juga memberikan semangat dan motivasi kepada hadirin untuk terus semangad dan memajukan usahanya melalui KUMB UMKM Tangerang Selatan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua KUMB UMKM Tangerang Selatan, yaitu Bapak Teddy Kuat Supriadi yang menyambut gembira kehadiran dosen Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang. Dengan adanya materi mengenai marketing mix strategy, UMKM diharapkan bisa maju dan berkembang di era digital ini melalui e-commerce ataupun media sosial. Sambutan selanjutnya adalah dari ketua pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat, yaitu Nani Mulyani, S.Kom.,M.M. dimana isi sambutannya ucapan terimakasih kepada ketua KUMB UMKM Tangerang selatan dimana kami diberikan ijin untuk dapat melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Aula KUMB UMKM Tangsel serta ucapan terimakasih atas kerjasamanya untuk seluruh team PKM dosen S1 Akuntansi dan mahasiswa unpam yang telah berpartisipasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sehingga dapat terealisasi acara yang berlangsung selama 3 hari.

  Pada kesempatan ini, peserta yang juga merupakan pelaku UMKM diberikan kesempatan untuk mempresentasikan produknya. Salah satu peserta yang mempresentasikan produknya adalah Ibu Tuti Sasongko yang memiliki produk berupa jamu tradisional. Salah produk jamu buatan Ibu Tuti diberi nama “Kusem” yang merupakan singkatan dari Kunyit Asem. Nama ini terbilang cukup unik. Ibu Tuti sengaja memberikan nama ini agar produknya mudah diingat terutama oleh generasi anak muda jaman sekarang. Beliau berharap agar jamu tidak hanya digemari oleh orang tua saja namun juga digemari oleh anak muda. Jika dahulu jamu hanya dijajakan dengan digendong atau dengan menggunakan sepeda, saat ini jamu juga mulai dipasarkan melalui media sosial.

pkm-umkm-3

  Setelah salah satu peserta mempresentasikan produknya, acara kemudian dilakukan dengan pemaparan materi oleh Bapak Julian Muhammad Hasan, S.Sos., M.A.,. dengan judul Memajukan UMKM Melalui Marketing Mix Strategy di Era Digital pada Wilayah Tangerang Selatan. Para anggota UMKM sangat antusias mendengarkan materi yang dijelaskan. Hal itu tercermin dari interaksi yang terjadi antara pemateri dengan peserta anggota UMKM KUMB Tangerang selatan. Beberapa pertanyaan juga terlontar dari peserta anggota UMKM KUMB Tangerang selatan terkait dengan materi yang disampaikan.

pkm-umkm-4

  Kemudian acara selanjutnya adalah pemberian plakat oleh ketua PKM, Ibu Nani Mulyani, S.Kom., M.M kepada ketua 212 KUMB UMKM Tangerang Selatan, Bapak Teddy Kuat Supriadi. Terakhir, acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Tito sebagai dewan pengawas KUMB UMKM Tangerang Selatan. Dengan adanya kegiatan ini, peserta yang merupakan pelaku usaha UMKM, diharapkan mampu memenangkan persaingan di era digital dengan menerapkan marketing mix strategy.