Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan OJS (Open Journal System)

Gambar 2. Keceriaan peserta seusai pelatihan

  Tangerang Selatan (30/11/2018) Pada hari Kamis, 29 November 2018, Prodi S1 Akuntansi dan Fakultas Hukum Universitas Pamulang bekerjasama dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan OJS (Open Journal System), yang berlangsung selama dua hari sampai dengan Jumat 30 november 2018. Peserta adalah para pengelola jurnal elektronik dari kedua prodi.

  Bertempat di ruang kaca 218, lantai dua kampus pusat Universitas Pamulang, acara dibuka oleh Ibu Wakaprodi, Listiya Ike, S.E., M.M yang berpesan agar tiap peserta dapat bersungguh-sungguh mengikuti acara pelatihan guna memajukan jurnal di Program Studi masing-masing. Hal senada juga diungkapkan oleh Sekretaris Fakultas Hukum, Aria Dimas Harapan, SH., MH. agar tiap peserta semangat mengikuti pelatihan untuk mencapai akreditasi jurnal.

    Gambar 1. Kata sambutan dari Wakaprodi S1 AKuntansi Universitas Pamulang, Listiya Ike Purnomo, S.E., M.M.

Gambar 1. Kata sambutan dari Wakaprodi S1 AKuntansi Universitas Pamulang, Listiya Ike Purnomo, S.E., M.M.

  Hari pertama peserta dipadati kegiatan mulai dari set up tampilan OJS masing-masing, seperti bagaimana membuat tampilan header, menampilan nomor ISSN, nomor DOI, menambahkan block yakni semacam text box dalam Word sampai dengan mengganti warna background dari header dan block baru yang kita buat. Walau dengan sedikit lebih mengasah otak bagi kami (peserta) yang berlatar belakang bukan dari ilmu komputer atau yang mempelajari bahasa komputer, suasana tetap riang dan tetap mengundang semangat di bawah bimbingan Asep Erlan Maulana, S.Kom , dari RJI (Relawan Jurnal Indonesia).

  Hari kedua materi beranjak membahas operasionalisasi OJS. Mulai dari ada artikel submit, review, editing, hingga publish dalam sebuah jurnal. Masing-masing peserta bergantian peran dalam simulasi sederhana mengenai penerbitan sebuah edisi jurnal. Ada yang berperan sebagai Journal Manager, editor, section editor, reviewer juga author.

  Gambar 2. Keceriaan peserta seusai pelatihan

Gambar 2. Keceriaan peserta seusai pelatihan

  Akhirnya tepat di pukul 16.30, acara Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan OJS ini berakhir. Penutupan acara dilakukan oleh ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Universitas Pamulang, Dr. Ali Maddinsyah, M.M, dengan pesan mulai dari sekarang agar dipersiapkan pengelolaan jurnal di masing-masing prodi selaras dengan apa yang sudah didapat melalui pelatihan ini. Semangat Pak, kami akan terus berusaha mencapai akreditasi jurnal.

Gambar 3. Foto bersama ketua LPPM Dr. Ali Maddinsyah, M.M setelah penutupan

Gambar 3. Foto bersama ketua LPPM Dr. Ali Maddinsyah, M.M setelah penutupan