PKM dengan Tema “Pentingnya Menabung Sejak Dini Untuk Masa Depan Anda dan Keluarga Pada Kelompok Pembudidaya Ikan di Desa Jampang Bogor”

pkm-pentingnya-menabung

  pkm-pentingnya-menabung

  Tangerang Selatan (10/11/2018) Menabung merupakan salah satu kebiasaan yang wajib ditanamkan sejak dini. Tentu saja dengan menabung, anak-anak dengan sendirinya mulai belajar berhemat dan bertanggung jawab dalam memegang uang. Jika sewaktu di Taman Kanak-kanak, anak-anak masih sering jajan dan menghabiskan uang saku yang didapatnya, memasuki Sekolah Dasar (SD) orang tua mulai dapat mengajari mereka untuk menabung.

  Dalam kegiatan ini, para anak-anak dan orang tua di Desa Jampang diberikan edukasi mengenai pentingnya menabung sejak dini serta mengajarkan anak-anak yang ada di Desa Jampang membuat celengan. Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menanamkan rasa gemar menabung pada anak. Bercermin pada kata–kata ”Rajin Pangkal Pandai, hemat pangkal kaya”. Ungkapan bijak ini mestinya mulai kita tanamkan kepada anak – anak sejak usia dini, kepada mereka kita ajarkan hidup hemat dengan cara menabung agar pola konsumtif yang tidak bermanfaat dapat dikurangi. Dalam upaya memotivasi anak-anak belajar tentang pentingnya menabung usia dini maka kami memberikan pelatihan pembuatan celengan dari botol bekas yang dibuat sendiri oleh anak. Dengan celengan yang dibuat sendiri dapat menambah minat anak, karena celengan dibuat sendiri oleh anak-anak.

  Dengan celengan yang dibuat sendiri menambah daya tarik bagi anak-anak untuk menabung dibandingkan dengan celengan yang dijual di pasar. Selain barang pembuatannya mudah didapat dan tidak menghabiskan banyak biaya dibandingkan dengan celengan yang dibeli di pasar dengan bentuk unik yang relatif mahal. Dengan membuat celengan unik dari botol bekas, anak-anak dapat belajar menabung dan menambah kreativitas.

  pkm-pentingnya-menabung-2

  Oleh karena itu sangatlah penting untuk menanamkan sifat-sifat hemat dan teliti sebelum menggunakan uang kepada anak-anak, agar tercipta prilaku hemat dan tidak sembarangan menggunakan uang. Walaupun uang saku, maka dengan terbiasanya anak mengelola uang sejak usia dini diharapkan kebiasaan baik dalam menghemat dan tidak berprilaku boros akan tertanam dalam pribadi masing-masing anak, sehingga dengan mengajarkan anak-anak merencanakan keuangannya sejak usia dini, selain melatih psikologis anak dalam mengambil keputusan yang bijak, juga melatih kemampuan kognitif anak dalam berhitung yaitu dengan membuat celengan sendiri anak-anak dapat mengetahui perbandingan celengan dibuat sendiri dengan yang dibeli di pasar.

  Kegiatan tersebut merupakan sebagai salah satu bentuk kewajiban sebagai dosen untuk memberikan Pengabdian Kepada masyarakat (PKM). Para peserta PKM berkomitmen untuk membagikan pengetahuan dan keterampilan perencanaan keuangan sejak usia dini, salah satunya melalui kebiasaan menabung. Diharapkan, para siswa memiliki gambaran dan pengetahuan yang utuh tentang manfaat melakukan perencanaan keuangan sedari dini.

  Memiliki Kebiasaan menabung sudah jelas sangat berguna untuk masa depan kita. Menabung adalah menyimpan sejumlah uang agar dapat digunakan di kemudian hari jika diperlukan dan semakin banyak uang yang ditabung maka semakin baik. Selain berguna untuk simpanan masa depan, kebiasaan menabung juga bisa membentuk kepribadian Anda. Termasuk sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai positif terhadap keluarga terutama anak-anak. Dengan mendidik dan mengenalkan anak cara mengelola keuangan yang baik, maka si kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih menghargai uang.