Prodi S1 Akuntansi Adakan Sosialisasi Uji Turnitin

uji-turnitin-2

  uji-turnitin

  Tangerang Selatan (8/10/18) – Program studi S1 Akuntansi melakukan sosialisasi penggunaan uji turnitin untuk mengecek tingkat plagiarisme. Acara ini dilaksanakan hari Senin, 8 Oktober 2018. Pelatihan ini dimulai pukul 19.00 WIB.

  Pada acara tersebut dihadiri Rektor Unpam Bapak Dr. Dayat Hidayat, M.M. Pada acara tersebut dihadiri oleh semua dosen S1 Akuntansi yang sudah memiliki jabatan fungsional yang membimbing skripsi. Beliau menyampaikan bahwa Unpam memiliki Visi dan misi yang baru ingin menjadi perguruan tinggi peringkat 40 besar baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Bagi dosen yang sudah memiliki jabatan fungsional bisa membimbing dan menguji skripsi. Selanjutnya dosen yang telah memiliki jabatan fungsional bisa mengikuti ujian sertifikasi dosen. Untuk itu, beliau mengajak seluruh dosen untuk giat dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

  Dosen memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan selain mengajar, ada pengabdian kepada masyarakat dan penelitian. Tiap semester dosen wajib melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian minimal satu kali dalam semester.

  Pada tahun ini, Unpam akan menggunakan aplikasi turnitin. Aplikasi ini merupakan sebuah alat untuk mendeteksi plagiarisme yang mungkin dilakukan oleh seseorang dalam bentuk karya tulis. Uji turnitin yang dapat digunakan oleh dosen sebagai pendidik untuk mengecek tingkat plagiasi yang terdapat di dalam karya mahasiswa. Secara sederhana, turnitin adalah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kemampuan menulis seseorang.

  Ketua Program Studi S1 Akuntansi, H. Endang Ruhiyat, S.E., M.M mengatakan bahwa agar suatu karya bisa lolos uji turnitin adalah kurang dari 20%. Apabila dalam penulisan jurnal ataupun modul setelah dilakukan uji turnitin tingkat plagiarisme lebih 20% maka harus segera direvisi sampai kurang dari 20%.