Dosen Akuntansi Adakan PKM Jelajah Desa 2 ke Kelompok Tani Perikan di Bogor

gambar-3

  gambar-1

  Minggu, 11 September 2018 pukul 06.00 WIB, kami dosen-dosen dan mahaiswa prodi S1 akuntansi Universitas Pamulang meluncur menuju Bogor, tepatnya yaitu ke Kelompok Tani Perikanan Kampung Pulo Desa Jampang RT. 003 RW. 003 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Tujuan kami tak lain dan tak bukan adalah untuk melaksanakan salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

  Pada kegiatan PKM ‘Jelajah Desa 2” ini kami mengambil tema “Pelatihan Pengelolaan Keuangan dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pola Hidup Sejahtera Petani Perikanan di Kampung Pulo Desa Jampang RT. 003 RW. 003 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor”. Tema ini kami ambil guna Memberikan pelatihan kepada para petani perikanan di Kampung Pulo Desa Jampang Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, tentang bagaimana menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

  Perjalanan kami ke lokasi memerlukan waktu + 1 jam. Melalui jalan sempit yang hanya dapat dilalui oleh satu kendaraan roda empat, pada akhirnya tepat pukul 07.00 WIB kami tiba di lokasi. Kedatangan kami disambut hangat oleh Pengurus Kelompok Tani Perikanan yang diketuai oleh Bapak Kaman.

  Kelompok Tani Perikanan selain mengelola usaha di bidang perikanan, mereka pun mengelola kegiatan sosial kemasyarakatan yaitu mengelola suatu wadah penyaluran santunan kepada anak-anak yatim di lingkungan Desa Jampang. Oleh sebab itu sebelum acara inti kami mulai, kami melakukan kegiatan bersenang-senang dengan anak yatim dengan memberikan materi Bahasa Inggris yang dikemas dalam bentuk permainan (games). Ibu Sri Nitta Crissiana Wirya Atmaja, SS,.MM. sebagai koordinator untuk kegiatan games berhasil memancing antusiasme anak-anak yatim untuk saling berkompetisi. Pukul 08.30 WIB kegiatan bersama anak-anak yatim selesai. Dengan paras bahagia mereka kembali ke rumah masing-masing dengan membawa bingkisan dan hadiah-hadiah dari kami.

  gambar-2

  Tibalah kami kepada acara inti yaitu “Pelatihan Pengelolaan Keuangan dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pola Hidup Sejahtera Petani Perikanan di Kampung Pulo Desa Jampang RT. 003 RW. 003 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor”. Pukul 09.00 WIB Ibu Siti Hanah, SE. MM. selaku MC membuka acara dengan memberikan motivasi kepada peserta yaitu warga desa dan kelompok tani perikanan Desa Jampang. Motivasi ini diberikan agar peserta dapat senantiasa berfikir positif untuk menuju hidup bahagia.

  Sambutan awal oleh Kepala Desa Jampang yaitu Bapak Wawan Hermawan. Pada sambutannya Bapak Kepala Desa menyampaikan bahwa Desa Jampang sangat memerlukan kegiatan yang diadakan oleh Universitas Pamulang secara berkelanjutan. Beliau sangat berharap masyarakat Desa Jampang yang notabene mencari nafkah dari tani ikan dapat secara professional mengelola usahanya, sehingga taraf kehidupan masyarakat Desa Jampang dapat lebih meningkat. Sementara itu pada sambutan kedua Bapak Kaman selaku Ketua Kelompok Tani Desa Jampang menyampaikan bahwa peserta sangat menantikan kegiatan pelatihan ini.

  Tibalah pada acara pemaparan materi pelatihan pengelolaan keuangan. Pada sesi ini Ibu Mulyani, S.Pd., M.M. memulai materi dengan memberikan penjelasan mengenai bidang-bidang akuntansi, laporan keuangan, pemakai laporan keuangan, jenis-jenis akun, aturan debet kredit, siklus akuntansi, dan lain-lain. Pada sesi tanya jawab peserta begitu antusiasnya melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan. Ibu Wiwit Irawati, SE.,M.Akt. dibantu oleh dosen-dosen lainnya menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta.

  gambar-3

  Sebelum acara berakhir, Ibu Listya Sugiyarti,S.E.,M.M. selaku perwakilan dari Prodi S1 Akuntansi menyampaikan kepada peserta yang hadir bahwa Prodi S1 Akuntansi akan menjadikan Desa Jampang sebagai desa binaan Prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang.

  gambar-4

  Tak terasa waktu menjelang sore, Bapak Pajar Amin, S. Pd.,M.Pd. menutup acara dengan doa. Kami selaku dosen merasa sangat bahagia dapat berbagi ilmu kepada para petani perikanan, sementara para petani perikanan pun merasa sangat berbahagia karena mereka mendapatkan ilmu dalam pengelolaan keuangan. (Ningsih)