Dosen S1 Akuntansi Unpam Mengadakan PKM di Ponpes Nafidatunnajah Gunung Sindur, Bogor

img-20180611-wa0006

  img-20180610-wa0058

  Pada tanggal 10 Juni 2018, dosen prodi S1 Akuntansi Unpam mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terletak di Gg. Kamboja RT 02 RW 06 No. 69 Desa Rawakalong, Gunung Sindur. Pengabdian kepada masyarakat ini mengambil tema “Pengembangan Ilmu Ekonomi Syariah dan Pembekalan Emotional dan Spiritual Quotient dalam Menyambut Tahun Ajaran Baru Bagi Peserta Didik di Pondok Pesantren Nafidatunnajah Gunung Sindur, Bogor”.

  Perjalanan menuju lokasi tidak membutuhkan waktu lama, meskipun bunyi-bunyi kerikil menemani menjadi saksi perjalanan menuju pondok pesantren. Karena tempat yang dilalui masih sepi, sunyi dan masih dipenuhi kebun atau tanah rungkut tanaman. Sampai di pondok pesantren sambutannya sungguh luar biasa, terlebih sudah dipasang tenda.

  Pembukaan acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang menerangkan ketauhidan dan bangunan kabah sebagai poros. Kemudian dilanjutkan sambutan ketua panitia tentang kinerja tugas dosen dalam pengabdian masyarakat sebagai wujud keperdulian pada tingkatan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

  Sambutan dari Pimpinan Pondok Pesantren merasa bangga dan bahagia atas kedatangan dosen prodi S1 Akuntansi. Unpam sudah tidak asing lagi di lingkungan pondok pesantren tersebut karena anak-anak alumni pondok pesantren melanjutkan pendidikan sarjana di Unpam. Dengan adanya Unpam bisa memberi tempat belajar bagi setiap lini kalangan masyarakat dengan biaya yang terjangkau.

  Acara dilanjutkan dengan paparan materi oleh Bapak Tri Budi Subiakto, S.E., M.Sy. tentang perbankan syariah tentang tata cara pengelolaan uang yang anak-anak miliki dapat ditabung di bank syariah. Sebuah sistem yang mengakomodir tidak adanya riba dalam perputaran ekonomi tersebut. Paparan yang diberikan Bapak Rizal Saragih, S.E., M.M tentang ESQ bahwa inti tersebut dalam bahasa sederhana adalah motivasi. Bicara motivasi adalah bicara yang membuat semangat atau motivasi. Agar motivasi itu dapat dijalankan dengan baik maka harus dilakukan dengan cinta. Keutamaan antara ilmu agama dan ilmu umum adalah hal yang penting. Keduanya harus dipelajari sebagai sumber bahagia dunia akhirat.

  Semua santri diajak bermain game yang memberi filosofi sebuah kebersamaan, sebuah kesabaran, memahami irama perjalanan hingga mendapatkan kesuksesan. Tanpa terasa, adzan maghrib tanda waktu kita berbuka puasa, panitia menyiapkan suguhan pertama dengan es doger yang enak dan dilanjutkan makan bersama. Banyak hal yang dapat dilakukan, intinya bahwa mulailah dalam kebaikan sekecil apapun yang dapat kita lakukan. Meski hanya satu langkah dukungan, maka akan kita rasakan rahman rahimnya Allah.[Amaliyah]