S1 Akuntansi Studi Banding Ke Universitas Indonesia

studi-banding-ke-ui

  studi-banding-ke-ui

  Pada tanggal 30 April 2017, Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang melakukan studi banding di Universitas Indonesia (UI). Kunjungan ini merupakan serangkaian dari beberapa studi banding yang sudah dilaksanakan. Kunjungan delegasi dari prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang dipimpin H. Endang Ruhiyat, S.E., M.M. selaku Ketua Program Studi, beserta dosen pengembang masing-masing bidang.

  Kunjungan studi banding disambut oleh Dr. Vera Diyanti selaku Ketua Program S1 Akuntansi beserta jajarannya dari Universitas Indonesia. Pada kesempatan tersebut Dr. Vera Diyanti juga memperkenalkan staf jajarannya yang hadir pada kegiatan studi banding tersebut. Kemudian acara dilanjutkan pemaparan pengenalan Program Studi Akuntansi UI oleh Dr. Vera Diyanti.

  Dr. Vera Diyanti mengatakan bahwa kewajiban mengajar dari dosen tidak bisa menggantikan kewajiban riset, banyak dosen akuntansi UI yang memanfaatkan hibah riset dari Dikti. Jadi output dari kinerja dosen tidak hanya dari tugas mengajar tetapi lebih ditekankan pada melakukan penelitian/riset dan pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan hibah pengabdian kepada masyarakat yang dimanfaatkan dosen akuntansi ada dua yaitu dari hibah pengabdian kepada masyarakat dari Dikti dan dari UI sendiri.

  Dr. Vera Diyanti mengatakan bahwa Struktur Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Ketua Departemen, Ketua Program S1 Akuntansi, Ketua Program Ekstensi Akuntansi, Ketua Program Maksi PPAk, Sekretaris Program Maksi PPAk, Ketua Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi. Pada penerapan kurikulum, departemen di sini sifatnya sebagai koordinator agar mata kuliahnya tidak ada yang tumpang tindih. Pada proses pembelajaran tugas akhir mahasiswa diarahkan ke program magang dan skripsi. Hal ini berbeda dengan yang ada di Prodi S1 Akuntansi Unpam yang penyelesaian tugas akhir bisa melalui skripsi dan ujian komprehensif.

  Kegiatan studi banding ini berlangsung dengan diskusi dengan saling tanya jawab untuk menggali informasi dan ide. Kunjungan studi banding ini bertujuan untuk belajar menggali banyak hal terkait dengan penyusunan borang dengan harapan pada tahun 2021 dapat meningkatkan nilai akreditasi Program Studi S1 Akuntansi Unpam dengan target ke depan memperoleh nilai A. Usai berdiskusi, acara diakhiri dengan pertukaran cindera mata dan foto bersama.