UNY Menganugrahkan Doktor HC Kepada Drs. H. Darsono

darsono-1

  darsono-1

  Pada tanggal 28 Maret Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberikan anugrah Doktor Honoris Causa (Dr HC) kepada Drs. H. Darsono sebagai Ketua Yayasan Sasmita Jaya selaku pengelola Universitas Pamulang (Unpam). Penganugrahan Dr HC tersebut dilandasi atas keberhasilan Drs. H. Darsono dalam mengelola perguruan tinggi. Beliau berhasil mengangkat anak kurang mampu secara ekonomi untuk terus bisa masuk ke level pendidikan yang lebih tinggi dengan biaya terjangkau, sehingga masyarakat kurang mampu bisa mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi.

  Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd selaku rektor UNY mengatakan bahwa pencapaian Drs. H. Darsono patut diapresiasi khususnya dalam bidang manajemen pendidikan tinggi. Beliau berhasil mengelola perguruan tinggi dengan biaya kuliah yang murah namun kualitas pendidikannya tidak murahan sehingga Unpam bisa berkembang pesat.

  Rektor UNY menilai sosok Drs. H. Darsono merupakan salah seorang dari sekian banyak dari rakyat Indonesia yang peduli dalam pengentasan kemiskinan dengan membuka akses pendidikan tinggi dari Unpam yang dikelolanya. Sampai sekarang sudah puluhan ribu mahasiswa yang bisa menimba ilmu di Unpam dengan biaya yang terjangkau.

  Drs. H. Darsono merupakan seorang sosok yang tangguh di balik Unpam yang didirikan tahun 2005. Dahulu Beliau pernah merasakan susahnya menduduki bangku kuliah karena keterbatasan ekonomi, karena berasal dari keluarga kurang mampu. Namun, beliau tidak putus asa dan Drs. H. Darsono justru semakin ulet dan gigih memperjuangkan dalam menciptakan pendidikan dengan biaya murah yang dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

  Pada orasi ilmiah penganugrahan Gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang Manajemen Perguruan Tinggi, Drs. H. Darsono berkomitmen menyelenggarakan layanan pendidikan tinggi dengan biaya terjangkau oleh seluruh masyarakat. Hal ini dilandasi oleh beberapa hal. Pertama, Unpam berkomitmen untuk membantu pemerintah meningkatkan akses pendidikan tinggi dengan menyediakan layanan yang baik kepada seluruh mahasiswa. Kedua, Unpam berkomitmen untuk menyediakan layanan pendidikan yang biayanya terjangkau oleh kalangan masyarakat marginal. Ketiga, menyediakan dan membangun sarana dan prasarana pendidikan, terutama gedung perkuliahan yang lengkap dan terintegrasi dengan sistem TIK. Keempat, memberdayakan masyarakat sekitar kampus dengan menyediakan kesempatan berusaha di sektor informal dan memperoleh penghasilan untuk hidup layak. Kelima, mengutamakan kerja keras yang selaras dengan nilai dan semangat religius dalam membangun dan mengembangkan Unpam. Keenam, mengelola sumberdaya secara efisien serta mempercepat pemutaran uang di berbagai unit usaha Sasmita Jaya. Ketujuh, Sasmita Jaya menerapkan prinsip kewirausahaan dalam menyelenggarakan dan mengelola Unpam, Sekolah Tinggi, dan bahkan sekolah menengah kejuruan yang dimiliki.